Tulisan bisnis bukalapak
TULISAN BISNIS
PENGANTAR BISNIS
Disusun Oleh :
Nama : Marco Angelo Isliko
NPM :
20220893
Kelas : 1EB11
Matkul : Pengantar Bisnis
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
1.
Pendahuluan
1.1.
Latar Belakang
Perkembangan zaman diikuti dengan berkembangnya
berbagai macam teknologi digital. Didalam dunia digital khususnya internet
setiap orang dapat berintaksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Selain itu internet juga mempermudah segala
sesuatu dari setiap individu. Perkembangan teknologi ini telah menghubungkan
berbagai kalangan dalam satu ruang. Salah satu sektor yang sangat terdampak
dengan adanya perkembangan tekonologi digital adalah sektor bisnis. Perkembangan internet menyebabkan sektor
bisnis menjadi sektor yang memungkinkan untuk bertumbuh.
Sebelumnya berkembangnya teknologi dunia bisnis
terbentur pada jarak dan waktu yang menyebabkan tidak terpenuhinya keinginan
dan kebutuhan para konsumen. Berkembangnya teknologi menjadi problem solving
dari masalah tersebut, kini muncul transaksi bisnis yang menggunakan untuk
menghubungkan produsen dan konsumen. Salah satu nya adalah Bukalapak yang
menciptakan pasar daring duntuk membantu mobilitas tidak hanya konsumen tapi
juga produsen sehingga jarak dan waktu tidak menjadi hambatan untuk terjadinya
hubungan bisnis antara produsen dan konsumen
1.2.
Rumusan Masalah
1.2.1.
Apa itu
Bukalapak dan bagaimana awal didirikannya BukaLapak?
1.2.2.
Tujuan
didirakannya BukaLapak?
1.2.3.
Apa kelebihan Bukalapak?
1.2.4.
Apa kekurangan
Bukalapak?
1.2.5.
Bagaimana cara
berbelnja di Bukalapak
1.3.
Tujuan
1.3.1.
Untuk mengetahui
apa itu BukaLapak Untuk mengetahui awal berdirinya Bukalapak dan
1.3.2.
Untuk mengetahui
tujuan didirikannya Bukalapak
1.3.3.
Untuk mengetahui
kelebihan Bukalapak
1.3.4.
Untuk mengetahui
kekurangan Bukalapak
1.3.5.
Untuk mengetahui
cara berbelanja di Bukalapak
2. Pembahasan
2.1.
BukaLapak dan
sejarah berdirinya Bukalapak
Bukalapak
merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Bagi orang indonesia,
situs Bukalapak tidak lagi asing lagi di telinga karena sering muncul di iklan
Televisi. Beragam barang yang harganya kurang dari sepuluh ribu hingga yang
harganya mencapai jutaan dijual di situs ini. Bukalapak sendiri merupakan situs
jual beli terpercaya, aman serta mudah digunakan.Didirikan oleh Achmad Zaky,
Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010, Bukalapak
awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya. Perusahaan tersebut kini telah
melakukan ekspansi ke berbagai lini bisnis lain, termasuk membantu meningkatkan
penjualan para warung tradisional lewat layanan Mitra Bukalapak.
Sejarah
Bukalapak tidak lepas dari kerja keras pendirinya. Bukalapak didirikan pada
tanggal 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid
di sebuah rumah kos semasa berkuliah di Institut Teknologi Bandung. Sejak
berada di bangku SMA, pria ini sudah akrab dengan komputer khususnya software.
Hobinya mulai berkembang saat menduduki bangku kuliah. Lulus dari ITB, Zaky
melamar pekerjaan pada 3 perusahaan namun kesemuanya ditolak.
Sejarah
Bukalapak dimulai ketika Zaky Terilhami dengan sifat konsumtif masyarakat
Indonesia. Dari situ Zaky mulai merintis
Bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di
Bukalapak sudah mencapai 10.000. Momentum awal bagi kemajuan Bukalapak adalah
ketika tren pengguna sepeda lipat melonjak pada tahun 2010. Pada saat itu,
terdapat banyak komunitas yang menjual berbagai sepeda dan aksesorisnya dengan
harga terjangkau sehingga meramaikan dan meningkatkan pertumbuhan pengguna di Bukalapak
secara signifikan. ada tahun 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup
unikorn asal tanah air. Pada tahun 2019, Bukalapak telah memiliki lebih dari
4,5 juta pedagang online, 70 juta pengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra
warung, dan rata-rata dua juta transaksi per hari.
2.2. Tujuan didirikannya Bukalapak
Bedasarkan
visi dan misi perusahaan, bukalapak bertujuan menjadi online marketplace nomor
1 di Indonesia. Selain itu bukalapak juga memiliki tujuan mulia, bukalapak
ingin memberdayakan usaha kecil, mikro, serta menegah yang ada di Indonesia.
Bukalapak juga memberi wadah kepada UMKM dalam negeri yang ingin berjualan serta dapat menemukan
pembeli dari produk yang dibuat.
Bukalapak tidak menjual atau
menyediakan barang/produk, melainkan hanya sebagai perantara. Bukalapak menjadi
penghubung antara usaha kecil mikro dan menengah ini dengan para pembeli yang
berasal dari seluruh Indonesia. Semua
hal ini dilakukan untuk menaikan UMKM dalam negeri. Semua tujuan mulia ini
didasari dari pemahaman Bukalapak sendiri bahwa jantung ekonomi sebuah tidak
hanya berada pada perusahaan besar, namun juga terletak pada usaha usaha mikro,
kecil, dan menegah.
2.3. Kelebihan dari Bukalapak
Sama seperti situs marketplace yang lain, belanja di
Bukalapak.com tentu memiliki kekurangan serta kelebihan. Adapun kelebihannya
antara lain adalah sebagai berikut:
2.3.1.
Bukalapak
menyediakan pilihan untuk beli tanpa daftar sehingga memudahkan user yang ingin
membeli barang namun tidak suka mendaftar.
2.3.2.
Tersedianya
fitur pilihan ongkos kirim dari beragam ekspedisi pengiriman jasa
2.3.3.
Adanya fitur
diskon pada jenis produk yang dijual. Bukalapak juga sering menyediakan promo
bagi para usernya.
2.3.4.
Proses transfer
yang cepat. Dana akan masuk sehari setelah data tracking menunjukkan barang
sudah sampai ke pembeli
2.3.5.
Tingkat keamanan
transaksi yang lebih tinggi karena adanya fitur OTP
2.3.6.
Tampilan website
yang simple dan tidak berat
2.4. Kekurangan
dari Bukalapak
Selain memiliki kelebihan, marketplace ini juga
memiliki kekurangan seperti berikut:
2.4.1.
Warna tema yang
mencolok sehingga kurang enak dipandang (ini pendapat pribadi penulis, mungkin
sebagian ada yang justru menyukainya).
2.4.2.
Sangat seringnya
penjual tidak mengirimkan barang (yang dirasakan penulis), akan tetapi
bukalapak bertanggung jawab dengan mengembalikan utuh dana yang sudah
dibelanjakan.
2.4.3.
Adanya fitur
quick buyer yang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli
secara langsung
2.5. Cara berbelanja di Bukalapak
Berikut cara Berbelanja diBukalapak:
2.5.1.
Langkah pertama
adalah dengan membuka aplikasi yang sudah terinstal di ponsel atau mengunjungi
langsung websitenya. Selanjutnya cari barang yang hendak dibeli
2.5.2.
Jika sudah, anda
bisa menekan tombol beli yang muncul di layar smartphone.
2.5.3.
Tekan tombol
lanjut ke pembayaran. Namun jika masih ingin membeli barang lain, anda bisa
menekan tambah barang lagi.
2.5.4.
Setelahnya pilih
kurir yang diinginkan lalu tekan lanjut.
2.5.5.
Pilih jenis
metode pembayaran yang ingin dilakukan. Metode pembayarannya cukup beragam
bahkan bisa lewat indomaret ataupun alfamart. Namun akan ada biaya admin jika
pembayaran dilakukan disana.
2.5.6.
Jika pembayaran
sudah dilakukan, anda bisa melanjutkan ke transaksi. Akan ada no tagihan jika
pembayaran yang dilakukan telah berhasil dilakukan.
Supaya barang cepat sampai dan ongkir tidak terlalu
mahal, anda bisa memilih toko (lapak) yang berlokasi di dekat domisili.
3. Penutup
Bukalapak
didirikan dengan visi dan misi untuk memajukan UMKM. Bukalapak merupakan
salahsatu E-Commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak memiliki kelebihan yang
dapat dimanfaatkan, namun juga memiliki kekurangan yang harus diperbaiki.
Berbelanja dibukalapak juga sangat mudah, sehingga bukalapak dapat menjadi
pilihan utama masyarakat Indonesia
Comments
Post a Comment