Tulisan bisnis bukalapak

TULISAN BISNIS

PENGANTAR BISNIS



Disusun Oleh :

Nama         : Marco Angelo Isliko

NPM           : 20220893

Kelas          : 1EB11

Matkul       : Pengantar Bisnis

 

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2020

 

1.     Pendahuluan

 

1.1.                     Latar Belakang

Perkembangan zaman diikuti dengan berkembangnya berbagai macam teknologi digital. Didalam dunia digital khususnya internet setiap orang dapat berintaksi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.  Selain itu internet juga mempermudah segala sesuatu dari setiap individu. Perkembangan teknologi ini telah menghubungkan berbagai kalangan dalam satu ruang. Salah satu sektor yang sangat terdampak dengan adanya perkembangan tekonologi digital adalah sektor bisnis.  Perkembangan internet menyebabkan sektor bisnis menjadi sektor yang memungkinkan untuk bertumbuh.

Sebelumnya berkembangnya teknologi dunia bisnis terbentur pada jarak dan waktu yang menyebabkan tidak terpenuhinya keinginan dan kebutuhan para konsumen. Berkembangnya teknologi menjadi problem solving dari masalah tersebut, kini muncul transaksi bisnis yang menggunakan untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Salah satu nya adalah Bukalapak yang menciptakan pasar daring duntuk membantu mobilitas tidak hanya konsumen tapi juga produsen sehingga jarak dan waktu tidak menjadi hambatan untuk terjadinya hubungan bisnis antara produsen dan konsumen

1.2.                     Rumusan Masalah

 

1.2.1.      Apa itu Bukalapak dan bagaimana awal didirikannya BukaLapak?

1.2.2.      Tujuan didirakannya BukaLapak?

1.2.3.      Apa kelebihan Bukalapak?

1.2.4.      Apa kekurangan Bukalapak?

1.2.5.      Bagaimana cara berbelnja di Bukalapak

 

1.3.                      Tujuan

 

1.3.1.      Untuk mengetahui apa itu BukaLapak Untuk mengetahui awal berdirinya Bukalapak dan

1.3.2.      Untuk mengetahui tujuan didirikannya Bukalapak

1.3.3.      Untuk mengetahui kelebihan Bukalapak

1.3.4.      Untuk mengetahui kekurangan Bukalapak

1.3.5.      Untuk mengetahui cara berbelanja di Bukalapak

 

2.     Pembahasan

 

2.1.                BukaLapak dan sejarah berdirinya Bukalapak

              Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Bagi orang indonesia, situs Bukalapak tidak lagi asing lagi di telinga karena sering muncul di iklan Televisi. Beragam barang yang harganya kurang dari sepuluh ribu hingga yang harganya mencapai jutaan dijual di situs ini. Bukalapak sendiri merupakan situs jual beli terpercaya, aman serta mudah digunakan.Didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010, Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya. Perusahaan tersebut kini telah melakukan ekspansi ke berbagai lini bisnis lain, termasuk membantu meningkatkan penjualan para warung tradisional lewat layanan Mitra Bukalapak.

              Sejarah Bukalapak tidak lepas dari kerja keras pendirinya. Bukalapak didirikan pada tanggal 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid di sebuah rumah kos semasa berkuliah di Institut Teknologi Bandung. Sejak berada di bangku SMA, pria ini sudah akrab dengan komputer khususnya software. Hobinya mulai berkembang saat menduduki bangku kuliah. Lulus dari ITB, Zaky melamar pekerjaan pada 3 perusahaan namun kesemuanya ditolak.

              Sejarah Bukalapak dimulai ketika Zaky Terilhami dengan sifat konsumtif masyarakat Indonesia.  Dari situ Zaky mulai merintis Bukalapak bersama temannya. Pada awal tahun 2010 saja, orang yang bergabung di Bukalapak sudah mencapai 10.000. Momentum awal bagi kemajuan Bukalapak adalah ketika tren pengguna sepeda lipat melonjak pada tahun 2010. Pada saat itu, terdapat banyak komunitas yang menjual berbagai sepeda dan aksesorisnya dengan harga terjangkau sehingga meramaikan dan meningkatkan pertumbuhan pengguna di Bukalapak secara signifikan. ada tahun 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup unikorn asal tanah air. Pada tahun 2019, Bukalapak telah memiliki lebih dari 4,5 juta pedagang online, 70 juta pengguna aktif bulanan, 1,9 juta mitra warung, dan rata-rata dua juta transaksi per hari.

2.2.  Tujuan didirikannya Bukalapak

              Bedasarkan visi dan misi perusahaan, bukalapak bertujuan menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia. Selain itu bukalapak juga memiliki tujuan mulia, bukalapak ingin memberdayakan usaha kecil, mikro, serta menegah yang ada di Indonesia. Bukalapak juga memberi wadah kepada UMKM dalam negeri  yang ingin berjualan serta dapat menemukan pembeli dari produk yang dibuat. Bukalapak tidak menjual atau menyediakan barang/produk, melainkan hanya sebagai perantara. Bukalapak menjadi penghubung antara usaha kecil mikro dan menengah ini dengan para pembeli yang berasal dari seluruh Indonesia.  Semua hal ini dilakukan untuk menaikan UMKM dalam negeri. Semua tujuan mulia ini didasari dari pemahaman Bukalapak sendiri bahwa jantung ekonomi sebuah tidak hanya berada pada perusahaan besar, namun juga terletak pada usaha usaha mikro, kecil, dan menegah.

2.3.  Kelebihan dari Bukalapak

Sama seperti situs marketplace yang lain, belanja di Bukalapak.com tentu memiliki kekurangan serta kelebihan. Adapun kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

2.3.1.      Bukalapak menyediakan pilihan untuk beli tanpa daftar sehingga memudahkan user yang ingin membeli barang namun tidak suka mendaftar.

2.3.2.      Tersedianya fitur pilihan ongkos kirim dari beragam ekspedisi pengiriman jasa

2.3.3.      Adanya fitur diskon pada jenis produk yang dijual. Bukalapak juga sering menyediakan promo bagi para usernya.

2.3.4.      Proses transfer yang cepat. Dana akan masuk sehari setelah data tracking menunjukkan barang sudah sampai ke pembeli

2.3.5.      Tingkat keamanan transaksi yang lebih tinggi karena adanya fitur OTP

2.3.6.      Tampilan website yang simple dan tidak berat

 

2.4.   Kekurangan dari Bukalapak

Selain memiliki kelebihan, marketplace ini juga memiliki kekurangan seperti berikut:

2.4.1.      Warna tema yang mencolok sehingga kurang enak dipandang (ini pendapat pribadi penulis, mungkin sebagian ada yang justru menyukainya).

2.4.2.      Sangat seringnya penjual tidak mengirimkan barang (yang dirasakan penulis), akan tetapi bukalapak bertanggung jawab dengan mengembalikan utuh dana yang sudah dibelanjakan.

2.4.3.      Adanya fitur quick buyer yang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.5.  Cara berbelanja di Bukalapak

 

Berikut cara Berbelanja diBukalapak:

2.5.1.      Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi yang sudah terinstal di ponsel atau mengunjungi langsung websitenya. Selanjutnya cari barang yang hendak dibeli

2.5.2.      Jika sudah, anda bisa menekan tombol beli yang muncul di layar smartphone.

2.5.3.      Tekan tombol lanjut ke pembayaran. Namun jika masih ingin membeli barang lain, anda bisa menekan tambah barang lagi.

2.5.4.      Setelahnya pilih kurir yang diinginkan lalu tekan lanjut.

2.5.5.      Pilih jenis metode pembayaran yang ingin dilakukan. Metode pembayarannya cukup beragam bahkan bisa lewat indomaret ataupun alfamart. Namun akan ada biaya admin jika pembayaran dilakukan disana.

2.5.6.      Jika pembayaran sudah dilakukan, anda bisa melanjutkan ke transaksi. Akan ada no tagihan jika pembayaran yang dilakukan telah berhasil dilakukan.

Supaya barang cepat sampai dan ongkir tidak terlalu mahal, anda bisa memilih toko (lapak) yang berlokasi di dekat domisili.

3.     Penutup

Bukalapak didirikan dengan visi dan misi untuk memajukan UMKM. Bukalapak merupakan salahsatu E-Commerce terbesar di Indonesia. Bukalapak memiliki kelebihan yang dapat dimanfaatkan, namun juga memiliki kekurangan yang harus diperbaiki. Berbelanja dibukalapak juga sangat mudah, sehingga bukalapak dapat menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Plan