Bisnis Plan
BISNIS PLAN
PENGANTAR BISNIS
LAUNDRY
METROPOLITAN
Disusun oleh :
Fajar
Yudha Rahmadani 20220893
Marco Angelo Isliko 20220541
Shidqi Putera Pinilih 21220541
FAKULTAS EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
Laundry
Metropolitan
1.
Latar
Belakang
Laundry metropolitan didirikan karena
adanya kecenderungan gaya hidup praktis dan menyerahkan urusan cucian ke jasa
laundry. Selain karena perubahan gaya hidup juga karena tuntutan kesibukan yang
memakan waktu dan tenaga, karyawan dan mahasiswa bahkan ibu rumah tangga yang
merasa tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, dan energi mereka sudah
digunakan untuk aktifitas mereka yang padat, sehingga lebih memilih menyerahkan
pada jasa laundry, kondisi cuaca yang berubah saat ini, lebih sering hujan
mengakibatkan pakaian cepat kotor, menjemur pakaian menjadi lama di proses
pengeringannya dan trend menggunakan jasa laundry juga sudah menjadi gaya hidup
masyarakat.
Bisnis
laundry, pelayanan merupakan aspek kualitas jasa yang sangat penting. Karena
jasa pelayanan ini tidak terlepas dari persaingan antar perusahaan penyedia
jasa yang sejenis. Dari berbagai laundry yang ada, berlomba-lomba untuk
memperoleh kepercayaan kepada pelanggan dengan mengemukakan kualitas yang
terbaik. Setiap pelanggan mengharapkan bahwa service yang akan didapat sesuai
dengan harapan yang dijanjikan oleh penyedia jasa. Terlebih dapat melebihi dari
harapan itu sendiri. Namun, apabila tidak direspon dengan baik dan cepat oleh
pihak penyedia jasa dapat menyebabkan suatu masalah yang kemudian berujung
penurunan kepercayaan dari pelanggan terhadap pihak penyedia jasa.
2. Visi dan Misi
·
Visi
Menjadi laundry yang
memberikan layanan terbaik untuk pelanggan dan dikelola secara professional,
sehingga memberikan keuntungan untuk pelanggan, karyawan, dan pemilik.
•
MISI :.
Profesional Laundry
dengan:
1) Pelayanan yang penuh
perhatian
2) Hasil proses laundry
yang bersih, rapih dan harum
3) Ketepatan waktu
dalam penyelesaian laundry
4) Tulus, ramah dan
orientasi kepada pelanggan
5) Produksi yang ramah
lingkungan
6) Manajemen yang solid
3. Gambaran
Produk
Laundry
Metropolitan menyajikan jasa pencucian pakaian dengan hasil yang bersih, rapih,
harum dan dengan harga yang pas dikantong tentunya. Selain itu, ada pula jasa
lain yang ditawarkan seperti pencucian karpet, bed cover,
selimut, dan dry cleaning.
4. Rencana Usaha
Persiapan
PENENTUAN HARGA PRODUKSI
-
Modal
-
Tempat usaha
-
Perlengkapan usaha
-
Merekrut karyawan
-
Memilih bahan-bahan dalam proses laundry
-
Sistem pemasaran
-
Manjemen keuangan
Strategi
Pemasaran
Jenis laundry yang familiar di masayarakat
Warga perumahan lebih memilih jasa laundry yang
sering mereka dengar dari pada
laundry coin atau laundry self-service. Usaha ini seperti laundry pada umumnya
yang menyediakan cuci kiloan, cuci ekspres, dry cleaning, cuci karpet, dan jasa
setrika. Dengan strategi seperti ini kemungkinan besar banyak customer yang
menggunakan jasa laundry ini.
Target customer
Mayoritas warga komplek perumahan sebagai target
customer utama, dengan memberikan pelayanan yang ramah dan loyal, usaha ini
akan berkembang seiring waktu berjalan.
Promosi layanan tambahan
Promo diskon di hari setelah hari raya membuat
customer berdatangan, lelahnya setelah mudik membuat mayoritas orang malas
untuk mencuci pakaian, dan juga penawaran jasa antar-jemput pakaian ke
rumah-rumah.
Product,
Price, Place, Promotions
Produk yang dihasilkan di usaha ini adalah jasa
laundry berupa mencuci pakaian, karpet, bed cover, selimut, dan dry cleaning.
Dengan menimbang harga dari segala aspek, laundry
ini mencantumkan harga:
Laundry Kiloan :
Rp.6.000/kg
Cuci Karpet : Kecil:
Rp.50.000
Besar:
Rp.80.000
Cuci Bed Cover : Kecil: Rp.30.000
Besar: Rp.50.000
Selimut :
Rp.40.000
Dry Cleaning : Rp.10.000
Dengan membuka usaha di tengah komplek perumahan
agar akses cutomer laundry terjangkau dan mudah untuk dilirik para customer.
Menawarkan diskon di hari setelah hari raya dan
layanan antar jemput sebagai promosi.
Rencana
Anggaran
Mesin Cuci (1 unit nya Rp.2.000.000,00) X 3 Unit |
Rp. 6.000.000,00 |
Mesin Pengering (1 unit) |
Rp. 1.500.000,00 |
Setrika (untuk 1 unit nya Rp.150.000,00) X 2 Unit |
Rp. 300.000,00 |
Timbangan digital (1 Unit) |
Rp. 250.000,00 |
Renovasi Ruangan |
Rp. 2.000.000,00 |
Meja dan Kursi |
Rp. 300.000,00 |
Telepon Rumah |
Rp. 400.000,00 |
TOTAL |
Rp.10.750.000,00 |
Biaya Operasional
Air PDAM per bulan |
Rp. 200.000,00 |
Listrik per bulan |
Rp. 400.000,00 |
Karyawan 2 orang (gaji karyawan perbulan
Rp.250.000) |
Rp. 500.000,00 |
Tempat Baju Kotor |
Rp. 200.000,00 |
Alat-alat Mencuci (Sabun
cuci,Softtener,Pewangi,Pelembut) |
Rp. 350.000,00 |
Gantungan Baju dan Plastik |
Rp. 250.000,00 |
Media Promosi (Banner, Spanduk, Brosur) |
Rp. 200.000,00 |
TOTAL |
Rp. 2.100.000,00 |
Sumber
Anggaran
Sumber anggaran sepenuhnya didapat dari dana
pribadi.
Struktur
Organisasi
5.
Penutup
Mendirikan
usaha memerlukan persiapan dan konsep yang matang. Usaha yang didirikan diharapkan tidak hanya berdiri pada saat itu
saja tetapi juga dapat berkembang menjadi lebih besar lagi. Laundry
Metropolitan didirikan atas kepedulian kami terhadap masyarakat yang lelah
setelah saharian beraktivitas. Usaha ini diharapkan memberikan dampak positive
untuk berbagai pihak.
Keberhasilan
usaha tidak luput dari implementasi strategi – strategi yang telah kami susun.
Untuk itu, kami membutuhkan kesiapan dan ketepatan dalam mengimplementasikan
strategi tersebut. Saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami harapkan
demi tercapainya tujuan usaha kami.
Comments
Post a Comment